STIT Sunan Giri Trenggalek

Loading...

Sabtu, 10 Maret 2012

konsep Perubahan Sosial


KONSEP PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan sosial berarti perubahan dalam struktur masyarakat yang dibentuk oleh nilai-nilai etika dan budaya, norma, simbol dan produk budaya, untuk penyebab kekuatan internal dan eksternal (banyaknya faktor) dalam perkembangan sejarah, yang mempengaruhi cara kita hidup dan melihat dunia dari orang-orang dalam kelompok sosial, dan dianggap oleh ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi , para antropologi , ekonomi, politik dan sejarah, antara lain.


Faktor-faktor subjektif dapat dibentuk oleh ideologi individu dan kelompok, atau target, yang diberikan oleh kondisi ekonomi, sosial dan politik pada satu titik. Mereka juga mungkin endogen atau internal, seperti pengaruh lingkungan, seperti kekeringan parah atau banjir, atau perselisihan dengan pengaruh, tindakan-politik, atau eksogen dari perusahaan lain, seperti dengan efek meningkatkan dari globalisasi
Perubahan sosial merupakan fenomena universal yang terjadi pada tingkat yang berbeda dalam berbagai masyarakat dan konsekuensi yang berbeda untuk kelompok yang berbeda. Beberapa perubahan yang transenden, menciptakan benar-benar revolusioner seperti yang terjadi dengan Revolusi Industri pada abad kedelapan belas, dan lainnya hampir tidak terlihat.

Auguste Comte perbedaan antara statika sosial dan dinamika. Yang pertama adalah struktur sosial dan artikulasi unsur-unsurnya, dan penawaran kedua dengan perubahan struktur dalam hal hubungan antara kelas sosial, hubungan kekuasaan, peran pemimpin dalam perubahan, arah perubahan dan kecepatan yangBagi Marx, perubahan sosial disebabkan oleh perjuangan kelas dominan dan yang didominasi. Untuk pekerja itu akan menimbulkan sebuah perusahaan baru, yang akan menghancurkan kapitalisme .Untuk Max Weber perubahan sosial tidak hanya tergantung pada kondisi ekonomi tetapi juga ide-ide dan nilai. Baginya kedua Revolusi Industri dan kapitalisme berarti kemenangan rasionalitas, dibandingkan dengan masyarakat pra-industri, berpegangan pada tradisi .Hans Gerth dan C. Wright Mills studi dalam perubahan sosial, hubungan dan hubungan antara tatanan sosial dan teknologi , dengan pendidikan , dan simbol status.

Tidak ada komentar: